Tugas Mandiri 4

BINUS Online Learning

Knowledge Management

Pertemuan 05

Tugas Pribadi 4


Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

  1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)
  2. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition
  3. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)
  4. Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification
  5. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.

Jawab :

  1. Beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif). Knowledge goal strategic untuk memetakan knowledge yang dibutuhkan untuk mensupport perusahaan terutama dalam persaingannya di pasar. Oleh sebab itu knowledge goal jenis ini dibutuhkan untuk mempercepat tujuan dalam jangka panjang tersebut, contoh : pabrik baju berenang membuat sistem kuisioner untuk memudahkan marketing memetakan kebutuhan baju berenang akan digunakan pada masa mendatang. Knowledge goal operational untuk memudahkan share knowledge yang berhubungan dengan operasional sehari-hari. Biasanya goal jenis ini lebih mudah untuk diukur dan lebih mudah untuk melihat hasil tingkat pencapaiannya. Contoh : pembuatan FAQ system dalam operasional IT Support untuk memudahkan share knowledge sesame IT Support. Knowledge goal normative maksud dari goal ini adalah untuk menjadikan knowledge sebagai suatu budaya didalam perusahaan, secara lebih detil lagi bisa dikatakan knowledge goal ini berupaya untuk lebih meningkatkan lagi semua lini di perusahaan baik dari level staff sampai level managerial untuk lebih mengedepankan share knowledge menjadi sesuatu hal standard didalam perusahaan. Contoh : manager dan staff dibawahnya membiasakan diri sebulan sekali untuk share knowledge per section.
  2. Perbedaan Knowledge Identification dan Knowledge Acquisition. Knowledge Identification: Proses dimana perusahaan mulai mencoba melihat apa saja knowledge yang sudah dimiliki oleh perusahaan. Jadi perusahaan akan mencoba menginventarisir knowledge-knowledge yang sudah dimiliki oleh perusahaan tersebut. Proses ini dijadikan sebagai titik awal untuk melihat apa yang kita punya. Ini merupakan dasar melihat apa saja yang nantinya akan di manage di dalam perusahaan dalam artian knowledge. Knowledge Acquisition : Proses pengumpulan data-data dari seorang pakar ke dalam suatu sistem (program komputer). Bahan pengetahuan dapat diperoleh melalui buku, jurnal ilmiah, literatur, seorang pakar, browsing internet, laporan dan lain-lain. Sumber pengetahuan dari buku, jurnal ilmiah, literatur, seorang pakar, browsing internet, laporan dijadikan dokumentasi untuk dipelajari, diolah dan dikumpulkan dengan terstruktur menjadi basis pengetahuan (knowledge base). Sumber-sumber pengetahuan yang diperoleh agar menghasilkan data-data yang baik maka perlu diolah dengan kemampuan yang baik pula sehingga dapat menghasilkan solusi yang efisien.
  3. Perbedaan Pendekatan Knowledge Identification : Knowledge Struktural, lahir dari struktural organisasi atau biasanya hadir dalam bentuk tatanan, aturan dan standar. Pendekatan struktural dilakukan dengan cara menganalisa knowledge yang terdapat di organisasi berdasarkan aspek struktural untuk melihat apa saja yang dibutuhkan dalam hal knowledge dari setiap struktur pekerjaan. Knowledge Activities, knowledge ini sering disebut juga function knowledge karena yang digambarkan disini lebih menggambarkan fungsi orangnya. Jadi disini lebih detail ke secara aktifitas dalam mengerjakan setiap pekerjaan atau dalam menjalankan fungsinya. Knowledge Behavioral, knowledge ketiga adalah dari sisi budaya. Organisasi biasanya memiliki budaya baik yang secara tidak disadari membangun dan membentuk pola kerja di dalam organisasi tersebut. Hal ini bisa berbentuk hal yang sederhana seperti lomba inovasi dan perbaikan operasi, prinsip kerja 5R (Resik, Rapi, Ringkas, Rawat, Rajin) atau sesuatu yang serupa dengan itu. Bentuk lain yang lebih umum yaitu adanya pertemuan rutin untuk membahas produk baru atau sharing rutin antara karyawan dan pimpinan. Didalam setiap kegiatan tersebut tercermin content dan knowledge yang akan berguna dalam pengembangan organisasi baik secara karakter, budaya atau masukkan masukkan itu sendiri.
  4. Cara menghasilkan fitur dengan melihat knowledge goal dan knowledge identification : Menciptakan kondisi yang baik untuk knowledge oriented strategic target operasional, optimalkan infrastruktur knowledge management, memperbolehkan adanya penyesuaian strategis dari suatu organisasi dan management system.
  5. Knowledge map sebagai tampilan visual tentang hubungan dan informasi yang tertangkap, yang memungkinkan komunikasi yang efisien dan pembelajaran pengetahuan (learning of knowledge) oleh pengamatnya dengan berbagai latar belakang dan pada berbagai tingkat kerincian. Knowledge Map adalah bantuan navigasi untuk informasi eksplisit/terkodifikasi dan pengetahuan tacit/tidak terkodifikasi. Knowledge Map juga dijadikan sebagai inventori dan evaluasi aset pengetahuan dan intelektual organisasi.
    Contoh Knowledge Map: website perusahaan
    Tipe knowledge yang cocok dengan knowledge map: tipe knowledge activities, karena bersifat lebih detail ke secara aktifitas dalam mengerjakan setiap pekerjaan atau dalam menjalankan fungsinya.

Leave a Reply