Tugas Mandiri 3

BINUS Online Learning

Knowledge Management

Pertemuan 04

Tugas Pribadi 3


Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

  1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge
  2. Bagaiman proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi
  3. Jelaskan beda dan struktur perubahdan dari data, informasi dan knowledge
  4. Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)
  5. Jelaskan core process dari KM ?


Jawab :

  1. Perbedaan Tacit Knowledge dan Explisit Knowledge. Tacit Knoweledge diperoleh melalui melatihnya dan tidak dapat disimbolkan dalam bahasa dan teori. Contoh : Dilakukan praktek memasak. Explisit Knowledge bisa dinyatakan dalam bahasa dan diteorikan. Contoh : Resep makanan.
  2. Proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang – orang yang ada di organisasi. Mengubah Tacit Knowledge menjadi Explisit Knowledge diperlukan proses eksternalisasi. Contoh : menjalankan sebuah aplikasi komputer mis : Microsoft Office. Sedangkan untuk mengubah Explisit Knowledge menjadi Tacit Knowledge diperlukan proses internalisasi. Contoh : pengetahuan tentang cara menjalankan aplikasi komputer (pengetahuan itu sebagai explicit knowledge).
  3. Beda dan struktur perubahan dari data, informasi, dan knowledge. Data merupakan suatu koleksi dari fakta, ukuran, dan statistik. contoh  : data penjualan di bulan januari sebesar 3 milyar. Informasi merupakan data yang telah diolah atau diinterprestasikan lebih lanjut, contoh : penjualan bulan januari tahun ini lebih baik  dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Knowledge merupakan terdiri dari data dan informasi yang sudah diorganisasi dan diproses untuk mendapatkan pemahaman , pengalaman dan para pakar untuk diaplikasikan pada masalah bisnis, contoh : tingginya penjualan di bulan januari disebabkan adanya promosi di toko A.
  4. Beda, maksud, dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (people, process, dan technology). People merupakan individu yang menggunakan perangkat keras dan lunak, menghubungkan dengan itu, atau menggunakan keluarannya. Process merupakan bertindak sebagai mengatur intelektual aset. Teknologi merupakan faktor yang terakhir sangat penting pada saat digabungkan  dengan people dan process.
  5. Core process dari KM ada beberapa tahap :
  • Knowledge Indentification
  • Knowledge Acquistion
  • Knowledge Development
  • Knowledge Sharing/ Distribution
  • Knowledge Utilization

Leave a Reply